Makanan Pembersih Arteri

Bersihkan Arteri Anda Agar Terhindar Dari Penyakit Serangan Jantung

Penumpukan plak terbentuk dari timbunan lemak dan sel lain yang dapat menumpuk di dinding arteri Anda dari waktu ke waktu. Karena plak terus menumpuk, itu bisa menyempit atau mulai menyumbat arteri yang menyebabkan dinding arteri menjadi lebih tebal. Lemak tersebut memicu sel-sel otot di dinding arteri. Jika tekanan darah anda mulai tinggi, dinding tipis dari plak akan tertekan dan dinding tersebut akan pecah terbuka, membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung. Sekitar tiga dari setiap empat serangan jantung terjadi ketika plak pecah.

Selain dengan pengobatan medis dan pengobatan lainnya, Anda bisa memakan makanan yang dapat membersihkan arteri Anda untuk mempercepat penyembuhan penyakit Anda.

Selain dengan pengobatan medis dan pengobatan lainnya, Anda bisa memakan makanan yang dapat membersihkan arteri Anda untuk mempercepat penyembuhan penyakit Anda. Berikut deretan makanan yang dapat membersihkan plak pada dinding arteri Anda agar terhindar dari serangan penyakit jantung :

1. Alpukat
Alpukat selain rasanya enak dan bagus untuk kulit, alpukat juga dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL) dalam darah, alpukat juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).
2. Gandum Utuh
Serat larut ditemukan dalam biji-bijian seperti roti gandum, beras merah dan oatmeal yang dapat mengikat kolesterol dalam makanan Anda dan membawanya keluar dari tubuh. Sehingga, ketika tubuh Anda membutuhkan manfaat dari kolesterol, tubuh akan menarik pasokan kolesterol dari darah, efektif menurunkan tingkat kolesterol dalam darah dan risiko penyakit jantung.
3. Minyak Zaitun
Sebuah studi 2011 menemukan bahwa orang pada usia 65 atau lebih tua yang secara teratur mengonsumsi minyak zaitun baik untuk masakan terhindar dari risiko penyakit stroke hingga 41 persen lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi minyak zaitun sama sekali.

4. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan adalah camilan yang sehat untuk jantung. Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat, sementara kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 nabati yang disebut alpha-linolenic acid. Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Lemak Ikan Salmon
Lemak ikan seperti makarel, herring, tuna, dan salmon yang penuh dengan asam lemak omega-3. Makan ikan dua kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan, menurunkan kadar trigliserida, dan membantu meningkatkan tingkat HDL Anda.

6. Asparagus
Asparagus merupakan salah satu jenis makanan yang terbaik untuk arteri. Asparagus bekerja dalam 100.000 mil pembuluh darah dan melepaskan tekanan pada arteri, sehingga memungkinkan tubuh mengakomodasi peradangan yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun.

7. Buah Delima
Buah delima mengandung phytochemical yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan. Buah delima kaya akan antioksidan yang dapat merangsang produksi oksida nitrat dalam tubuh, yang memperlancar aliran darah dalam arteri.

8. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin K, yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan membantu untuk menjaga agar kalsium tidak merusak arteri. Belum lagi, brokoli penuh dengan serat, dan penelitian menunjukkan diet tinggi serat juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

9. Kunyit
Kunyit adalah anti inflamasi alami yang kuat. Kunyit juga mengandung kurkumin yang menurunkan peradangan penyebab utama arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah juga dapat membantu mengurangi lemak berlebih dalam arteri sebanyak 26 persen.

10. Kesemek
Makan buah kesemek setiap hari adalah cara yang lebih baik untuk kesehatan arteri. Penelitian menunjukkan polifenol yang ditemukan dalam buah kesemek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

11. Jus Jeruk
Jus jeruk mengandung antioksidan untuk membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan dapat mengurangi tekanan darag diastolik.

12. Ganggang Spirulina
Sebanyak 4.500 mg ganggang biru-hijau yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk kapsul suplemen atau bubuk, dapat membantu mengendurkan dinding arteri dan menormalkan tekanan darah. Hal ini juga dapat membantu hati Anda menyeimbangkan kadar darah, menurunkan lemak kolesterol LDL Anda sebesar 10 persen dan meningkatkan kolesterol HDL sebesar 15 persen.

13. Kayu Manis
Hanya satu sendok teh kayu manis sehari yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi lemak dalam aliran darah, membantu mencegah berkembangnya plak di arteri dan menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 26 persen.

14. Kopi
Kafein adalah stimulan yang dapat menyebabkan peningkatan sementara dalam tekanan darah. Tetapi jika konsumsi kopi terlalu berlebihan, dapat menyebabkan jantung berdetak tidak teratur.

15. Keju
Keju bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda. Sebuah penelitian terbaru di Women ‘s Hospital dan Harvard Medical School menemukan bahwa orang yang makan tiga porsi keju yang rendah lemak susu sehari memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah dibandingkan yang makan lebih sedikit.

16. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan catechin, senyawa yang telah terbukti menurunkan penyerapan kolesterol dalam tubuh Anda.

17. Semangka
Semangka Anda karena mengandung zat asam amino yang dapat membantu melindungi jantung. asam amino tersebut dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu enam minggu. Para peneliti mengatakan bahwa asam amino dalam semangka dapat membantu tubuh Anda memproduksi oksida nitrat, yang memperlebar pembuluh darah.

18. Bayam
Kandungan potasium dan folat yang ditemukan dalam bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat untuk penderita jantung koroner atau yang sejenisnya, rajinlah berolahraga, hindari stres,kurangi berat badan berlebih dan tidur dengan cukup dan teratur. Pola hidup yang sehat dapat melancarkan peredaran darah dan kesehatan Anda dapat terjaga.

Untuk pengobatanya baca disini >>  Obat herbal Jantung Koroner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *