Makanan Penambah Darah

Beberapa Makanan Penambah Darah Alami Bagi Penderita Menorrhagia dan Anemia

10 makanan penambah darah

Bagi penderita Menorrhagia kemungkinan akan terserang Anemia karena banyaknya darah yang keluar melebihi kapasitas normal. Anemia sendiri adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dengan kondisi tersebut, penderita biasanya akan merasa letih dan lelah, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara optimal.

Kebanyakan orang mengonsumsi obat penambah darah, untuk menambah darah di tubuh dengan cepat. Tetapi mengonsumsi obat penambah darah sembarangan dapat merusak  DNA.

Lantas, adakah cara lain untuk menambah darah? Caranya mudah, dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, folat, vitamin B12 dan nutrisi lainnya untuk menambah darah secara alami.

Berikut beberapa makanan lezat yang dapat menambah darah secara alami:

1. Kismis

makanan penambah darah

Banyak orang tidak menduga jika kismis merupakan makanan penambah darah yang baik untuk tubuh. Kismis merupakan buah dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi karena 1/2 gelas kismis mengandung sekitar 1,6 miligram zat besi ( 9 % DV ). Mengkonsumsi kismis secara rutin akan membantumu mengatasi masalah kurang darah.

2.  Anggur

buah penambah darah

Buah anggur adalah termasuk jenis buah penambah darah sebab memiliki kandungan yang kaya dan lengkap, berkhasiat pada proses pembentukan sel darah merah. Buah anggur memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh, di antaranya adalah vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, vitamin C dan K, kalsium, magnesium, natrium, seng, dan mangan.

3. Kacang Almond

makanan penderita anemia

Ada berbagai jenis kacang yang dapat dikonsumsi sebagai makanan penambah darah, kacang almond salah satunya dan merupakan jenis kacang yang paling direkomendasikan.

4. Buah Naga

buah bagi penderita anemia

Buah naga juga tergolong buah penambah darah selanjutnya karena memiliki kandungan zat besi, vitamin B1, B3, B12, vitamin C, dan beberapa jenis mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. Buah naga memang dikenal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Menggunakan buah naga untuk tujuan sebagai penambah darah, akan lebih maksimal kalau mengonsumsi buah naga yang mempunyai warna daging merah. Dari warnanya tersebut saja sudah dapat diperkirakan bahwa buah naga dapat membentuk sel-sel darah merah. Berbagai penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa buah naga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

5. Bayam

sayur penambah darah

Sayur bayam adalah jenis sayuran paling dianjurkan untuk dikonsumsi bagi kamu yang menderita anemia. Sayur bayam adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi sehingga sangat efektif menambah darah. Tidak hanya kaya akan zat besi, sayur bayam juga kaya akan vitamin A, protein, vitamin E, serat dan kalsium.

6. Kacang Hijau

kacang hijau bagi penderita menorrhagia

Kacang hijau selain mengandung zat besi yang bisa untuk meningkatkan hb dan menambah darah, juga membantu penyerapan nutrisi dan protein. Kacang hijau dikenal sebagai antioksidan yang bisa menghindari radikal bebas, bisa membantu pembentukan sel, membuat kerja saraf bisa maksimal, sumber energi untuk penyerapan karbohidrat.

7. Daun Singkong

sayuran penambah hemoglobin

Tentu bagi orang indonesia jenis sayur ini sangat familiar karena merupakan jenis sayur yang cukup populer di konsumsi dengan harga yang sangat terjangkau. Kandungan gizi yang sangat banyak menjadikan Daun Singkong ini salah satu bahan sayur penuh manfaat. Salah satu manfaatnya adalah mengatasi kurang darah atau anemia yang tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa kandungan yang ada seperti vitamin B1, vitamin C, protein, zat besi, lemak, karbohidrat dan fosfor.

8. Daging Merah

makanan penambah sel darah merah

Daging adalah makanan umum masyarakat indonesia ini merupakan sebuah makanan penambah darah paling efektif. Hal ini di karenakan di dalam Daging terdapat kandungan protein yang tinggi. Selain protein, ternyata di dalam Daging juga terdapat kandungan zat besi yang tinggi, Jika anda mengalami penyakit kurang darah, anda bisa mengkonsumsi makanan Daging ini selain bermanfaat, makanan penambah darah ini juga sangat lezat.

9. Telur

makanan bervitamin B10

Telur adalah salah satu makanan yang dapat menambah darah dalam tubuhmukarena di dalam kuning telur mengandung banyak kandungan seperti protein 10,8 gr, karbohidrat 0,7 gr, vitamin B20, vitamin B 10, zat besi, asam nikotenat, fosfor, kalsium, potasium, asam pantotenat, seng, dan sulfat. Zat besi dalam kuning telur sangat baik untuk merangsang sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat mengatasi anemia. Kamu cukup mengkonsumsi 1 kuning telur dalam sehari.

10. Ikan

makanan yang dapat meningkatkan jumlah darah

Jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 baik sekali untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah ikan Salmon yang berguna untuk menambah darah, lantaran selain banyak kandungan Omega-3 juga kaya akan vitamin B-12 sebagai pembentukan sel-sel darah. Di samping itu, ikan merupakan jenis makanan yang rendah kolesterol jahat sehingga tidak akan membahayakan tubuh.

Itulah beberapa makanan lezat yang dapat menambah darah bagi penderita anemia dan menorrhagia. Semoga artikel ini dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *