Pertolongan Pertama Anafilaksis

Pertolongan Pertama Pada Korban Anafilaksis

beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi yang cukup berbahaya mungkin itu disebabkan oleh sengatan serangga, makanan atau jenis obat tertentu. Anafilaksis atau syok anafilaktik terjadi dalam waktu beberapa menit dan menyebabkan turunnya tekanna darah secara drastis dan terjadinyab penyempitan saluran pernafasan.

tips pertolongan pertama pada korban anafilaksis

Gejala dari anafilaksis diantaranya nafas tersenggal-senggal, bengkak di sekitar wajah dan mata, lidah dan bibir, bercak merah yang menyebar, sulit bernafas dan gelisah. Penderita kemungkinan bisa hilang kesadaran akibat syok.

Berikut beberapa pertolongan untuk menangani Anafilaksis

Segera Larikan ke Rumah Sakit

larikan ke rumah sakit

Sesegera mungkin membawa korban ke rumah sakit. korban syok perlu bantuan medis darurat, termasuk injeksi adrenalin. Orang yang rentan terhadap reaksi alergi biasanya membawa suntikan adrenalin untuk pengobatan diri sendiri, tapi mungkin Anda bisa membantu menyuntikan obat tersebut. Selagi menunggu petugas, Anda bisa membantu korban syok untuk bernafas.

Panggil Ambulans

panggil ambulans

Panggil ambulans dan katakan pada operatornya bahwa Anda menduga korban terkena anafilaksis atau syok anafilaktik, dan berikan informasi apa yang menyebabkan reaksinya.

Bantu Korban Bernafas

bantu bernafas

Jika korban tetap sadar, bantu dia duduk agar lebih mudah bernafas. Anda harus tetap tenang juga tenangkan korban dan bantu ia bernafas secara perlahan.

Bantu Suntikkan Andrenalin

bantu suntikkan

Jika korban anafilaksis mempunyai suntikan adrenalin bantu ia menemukan dan menggunakannya. Dan kalau bisa bantu oleh Anda untuk menyuntikkan obat tersebut pada tubuh korban.

Bantu Korban Pingsan

cpr korban pingsan

Jika korban tidak sadarkan diri tapi tetap bernafas, atur dia dalam posisi pemulihan, monitor pernafasannya, denyut nadi juga level kesadarannya secara teratur sampai bantuan datang. Bersiaplah melakukan CPR jika korban berhenti bernafas.

 

Dengan beberapa tips di atas Anda bisa memberikan pertolongan pertama untuk orang disekitar Anda yang terserang reaksi alergi berbahaya ini. Semoga tips yang saya berikan dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *