Tips Menurunkan Asam Urat

Tips Menurunkan Kadar Asam Urat Dalam Tubuh

Penyakit asam urat atau gout memang identik dengan penyakit orang tua, Namun dewasa ini banyak juga penderita asam urat usia muda, karena banyak orang memiliki gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Asam urat sendiri disebabkan oleh kelebihan zat purin di dalam tubuh.

tips menurunkan kadar asam urat

Purin adalah senyawa kimiawi yang ada pada tubuh dan juga di dapat dari makanan yang kita makan. Purin sebenarnya penting bagi tubuh, karena dapat menjadi sumber energi dan protein bagi tubuh. Asam urat juga baik bagi tubuh karena dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh agar tetap sehat. Yang bekerja untuk mengolah zat purin adalah ginjal, ginjal akan mengeluarkan zat purin melalui urin  dan feses, namun jika terlalu banyak zat purin dan ginjal tidak dapat mengolahnya, maka zat purin tersebut akan menyebar ke dalam darah yang jika dibiarkan berlama-lama akan mengkristal dan mengendap pada sendi dan jaringan disekitarnya.

Maka dari kita itu perlu menurunkan kadar asam urat agar asam urat tidak semakin parah. Berikut beberapa tips cara menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, diantaranya:

1. Konsumsi makanan yang bersifat basa

makanan bersifat basa

Dengan mengonsumsi makanan basa seperti buah, sayur, biji-bijian, dll, maka akan sangat efektif untuk membantu menurunkan asam urat. Karena, makanan basa yang kita makan akan melarutkan asam urat kemudian dikeluarkan melalui urin.

2. Konsumsi Jus Lemon

jus lemon untuk asam urat

 

Lemon, buah yang terkenal dengan rasa asamnya ini, dapat diguanakkan sebagai obat penurun asam urat. Karena memiliki kandungna asam yang sangat tinggi dan membantu tubuh memproduksi kalsium karbonat yang akan menetralkan asam urat.

3. Perbanyak mengonsumsi vitamin C

vitamin c untuk asam urat

Tips menurunkan kadar asam urat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Jenis vitamin banyak mengandung antioksidan yang efektif mengatasi nyeri akibat peradangan sendi. Buah yang mengandung vitamin C paling tinggi si pegang oleh jambu. dengan mengonsumsi buah atau jus jambu setiap pagi dapat meringankan nyeri pada sendi. Buah yang kaya vitamin C lainnya adalah jeruk dan kiwi, yang bisa menjadi pengganti jika tidak ada buah jambu.

4. Mengonsumsi cuka madu

propolis untuk asam urat

Cuka madu atau yang biasa dikenal dengan sebutan propolis, juga cukup efektif karena resin lebah pada propolis memiliki sifat basa yang dapat membantu untuk menetralkan asam urat. Propolis biasanya banyak dijual oleh pedagang obat herbal.

5. Konsumsi buah cherry

jus cherry untuk asam urat

Cherry buah mungil berwarna merah yang biasa di dapat pada hiasan kue ini, memiliki kandungan senyawa asam yang cukup pekat. Kandungna asam ini mampu mengimbangi kadar asam urat yag terdapat dalam darah dan urin. Selain itu cherry juga mengandung nutrisi dna kalium yang bisa membantu meredakan rasa nyeri pada persendian.

6. Konsumsi Ramuan cengkeh dan ubi jalar

ramuan cengkeh untuk asam urat

Ramuan kedua bahan tradisional ini sudah digunakan pada zaman nenek moyang dahulu, untuk mengobati asam urat secara alami. Kedua bahan tersebut bisa membantu menetralkan kadar purin dan asam urat yang berlebih pada tubuh.

7. Daun salam untuk mengobati asam urat

daun salam untuk asam urat

Dikenal sebagai tanaman yang biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan, Daun salam ternyata dapat juga dijadikan sebagai obat tradisional asam urat. Daun ini memiliki kandungan kalium yang terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dengan cepat.

Itulah beberapa tips diatas untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Semoga artikel yang saya buat dapat membantu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *